SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Rabu November 22, 2017
Beranda  //  Tentang Kami Profil
01
Jun 2012
Print
Email

Tentang Kami

Ditulis oleh admin
Hits: 10255

profilYayasan Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf (YAPINK) yang berdiri kokoh di tepi Jln. Sultan Hasanuddin Tambun Selatan Bekasi merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di daerah Bekasi. Pesantren ini resmi dibuka dan mulai menjalankan operasional pendidikan pertama kali pada tanggal 20 Pebruari 1969, dengan dukungan dari beberapa sesepuh desa Tambun dan dikomandoi oleh Alm. KH. Drs. Moh. Dawam Anwar. Melihat proses awalnya, YAPINK didirikan karena rasa prihatin terhadap kondisi masyarakat desa Tambun yang saat itu masih sulit mengenyam pendidikan--khususnya pendidikan agama--, di samping ada isu-isu akan didirikannya tempat ibadah non-Muslim di kawasan Tambun yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Kekhawatiran akan bergesernya akidah masyarakat dan keinginan untuk membentengi generasi-generasi penerus menjadi salah satu motivasi utama untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan agama yang seirama dengan keyakinan dan norma-norma yang dipegang oleh masyarakat. Oleh sebab itu, digelarlah pertemuan khusus oleh beberapa sesepuh desa Tambun, diprakarsai oleh Alm. H. Abdillah Mas'ud (mertua Alm. KH. Drs. Moh. Dawam Anwar), dan dihadiri oleh Alm. H. Ahmad Sadeli, Alm. H. Marzuki Alam, Alm. H. Abd. 'Ain, Ust. Bukhori, BA, dan beberapa tokoh lainnya. Dalam pertemuan tersebut disepakati untuk mendirikan sebuah madrasah yang nanti akan dipimpin oleh seorang mu'allim (guru) yang akan direkrut dari daerah Jawa Timur.

Menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, akhirnya berangkatlah Alm. H. Abdillah Mas'ud dan Alm. H. Ahmad Sadeli ke pesantren Tebuireng Jombang, menemui sang Kyai, untuk meminta arahan selanjutnya. Kyai merespon positif niat dari masyarakat desa Tambun, lalu merekomendasikan untuk bertemu dengan "Moh. Dawam Anwar" seorang alumni Tebuireng yang dipandang layak untuk mengemban amanat masyarakat Tambun, dan pernah menjadi guru agama dan bahasa Arab di Pesantren Tebuireng dan Pesantren Seblak Jombang, yang saat itu sedang menyelesaikan studinya di Fakultas Adab IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melalui beberapa pertemuan yang dilakukan, akhirnya diperoleh kesepakatan untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah dengan Alm. KH. Drs. Moh. Dawam Anwar sebagai pimpinannya. Beliau namakan madrasah tersebut sebagai Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf (PINK) yang selanjutnya didaftarkan kepada pemerintah atas nama Yayasan Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf (YAPINK).

Pada hari pertama madrasah itu dibuka beliau menggunakan nama "Madrasah Tsanawiyah Salafiyah el-Nur el-Kasysyaf" dan langsung dapat menjaring sebanyak 40 murid putra dan putri yang umumnya sudah putus sekolah. Namun setelah belajar selama tiga tahun, hanya 25 siswa yang lulus. Untuk menampung lulusan Tsanawiyah, PINK membuka madrasah Aliyah, namun ternyata hanya empat siswa saja yang melanjutkan di PINK. Alumni Madrasah Tsanawiyah PINK ada yang meneruskan ke pesantren lain dan ada yang bekerja. Meskipun siswanya hanya tinggal empat orang yang masuk ke kelas 1 Aliyah, bahkan hingga dalam tiga tahun pelajaran hanya itu siswanya, namun para guru tetap mengajar seperti biasa hingga empat siswa itu lulus.

Dua orang lulusan dari Aliyah PINK meneruskan belajar di Fakultas Adab IAIN Jakarta, satu orang meneruskan studi di IKIP Rawamangun Jurusan Bahasa Arab dan satu lagi bekerja. Dua di antara empat alumni PINK yang kini mengabdikan diri di perguruan tinggi yang dibentuk oleh PINK yakni Institut Agama Islam Sholahuddin Al-Ayyubi (INISA) adalah Drs. H. Abd. Rosyid Thoha, M.Mpd, lulusan Fakultas Adab IAIN Syahid Jakarta dan sekarang menjabat Dekan Fakultas Adab INISA, dan Drs. Moh. Fauzi Yunus, M.Mpd, lulusan IKIP Rawamangun Jakarta jurusan Bahasa Arab dan sekarang menjabat Dekan Fakultas Tarbiyah Jurusan Bahasa Arab INISA.

Sejak awal berdiri, YAPINK telah mengalami empat kali pergantian pimpinan. Alm. KH. Drs. Moh. Dawam Anwar menjabat sebagai Pimpinan YAPINK, hingga akhir hayat beliau pada tanggal 27 Januari 2003. Selanjutnya, kepemimpinan diamanatkan kepada Ustz. Hj. Nurhaidah Abdillah (isteri almarhum/anak dari Alm. H. Abdillah) yang menjabat mulai tahun 2003 sampai dengan 2008. Dalam masa transisi, Alm. H. Abdillah--Ketua Dewan Pendiri--memandatkan kepemimpinan kepada caretaker, Ust. Abd. Fattah Yasin Anwar, SS (adik Alm. KH. Drs. Moh. Dawam Anwar) pada bulan Januari-Maret 2008. Dan terakhir pada bulan Maret 2008 kepemimpinan diamanatkan kepada H. Ahmad Kholid Dawam, Lc. M.Hum (putera Alm. KH. Drs. Moh. Dawam Anwar) hingga saat ini.

YAPINK yang beraliansi pada Nahdlatul Ulama dan menitikberatkan pendidikannya pada pendalaman Al-Quran-Al-Hadits, kemampuan Bahasa Arab dan membaca kitab, saat ini telah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang besar, dengan berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari Raudlatul Athfal (RA/TK Islam), MI, MTs, MA, SMP, SMA, Perguruan Tinggi (INISA), hingga pengabdian terhadap masyarakat umum dengan Majelis Ta'lim maupun KBIH. YAPINK yang sudah sedemikian lama berkiprah melahirkan ribuan alumni-alumni yang sekarang sudah mengembangkan sayap-sayapnya di tengah masyarakatnya, telah memiliki 9 cabang yang tersebar di Jawa Barat, Jakarta, dan Lampung. Hal ini patut disyukuri kita semua, karena cita-cita Almarhum dalam memberikan nama "el-Nur el-Kasysyaf" (cahaya penerobos) telah terbukti dengan rahmat Allah swt, bahwa alumni YAPINK telah menjadi orang-orang yang berguna di masyarakatnya, menjadi suluh di dalam kegelapan, dan menjadi cahaya pemandu di persimpangan jalan yang kelam. Semoga YAPINK selalu berjaya dalam semua harapan, dan para pengabdi masyarakat yang bernaung di bawah bendera YAPINK senantiasa diberikan kekuatan oleh Allah swt untuk terus menjadi pendidik yang ikhlas, pengayom yang setia, dan panutan yang sejati. Amin. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini17
Kemarin51
Minggu ini115
Bulan ini978
Total105767

Saat ini ada 19 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting