SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Rabu November 22, 2017
Beranda  //  Sosial Majelis Ta'lim
02
Jun 2012
Print
Email

Majelis Ta'lim

Ditulis oleh admin
Hits: 5026

Kiprah YAPINK dalam upaya mencerdaskan masyarakat tidak terbatas kepada golongan usia remaja, namun disediakan juga wadah pendidikan bagi masyarakat umum. Salah satunya adalah Majelis Ta'lim Kaum Ibu (MT-YAPINK) yang menyelenggarakan pengajian-pengajian agama dan kegiatan sosial lainnya. Majelis Ta'lim ini telah berdiri sejak lama, bahkan mungkin sejak awal-awal YAPINK berdiri. Misi dari majelis ta'lim ini adalah upaya kontribusi keilmuan agama bagi kaum ibu di wilayah Tambun Bekasi dan sekitarnya, agar ibu tidak hanya menjadi tempat curahan kasih sayang dari suami dan anak-anaknya, namun dapat berperan sebagai figur pendidik sejati.

H. Fathurrahman Baidlowi, Lc. M.Mpd sedang memberikan taushiyah

MT-YAPINK sejak awal berdiri hingga sekarang dipimpin oleh Hj. Nurhaidah Abdillah, istri dari Alm. Kyai Dawam. Kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah mengadakan forum pengajian dan tausiyah yang dilaksanakan setiap hari Jum'at siang. MT-YAPINK terbuka untuk umum, namun secara dominan jamaah yang tergabung adalah kaum Ibu yang berdomisili sekitar YAPINK, para pimpinan majelis ta'lim di daerah Tambun Bekasi, dan partisipan lainnya. Forum pengajian diisi dengan acara yasinan, zikir, tahlil, tahmid, dan shalawat, sesekali diselingi dengan ratib atau istigatsah, dan diakhiri dengan tausiyah dari para asatidz.

Pengisi tausiyah dalam forum ini adalah para asatidz senior di lingkungan YAPINK, seperti Hj. Nurhaidah Abdillah, KH. Fathurrahman Baidlowi, Lc. M.Mpd, Drs. H. Abd. Rosyid Thaha, M.Mpd, Drs. Sayuti Abd. Halim, H. Faishol Hakim, Lc. MA, dan beberapa asatidz lainnya. Materi tausiyah yang disampaikan cukup beragam, mulai dari eksplanasi dan interpretasi ayat Al-Qur'an dan Hadits, pemahaman tentang akidah dan syariat, panduan rumah tangga sakinah, dan lain sebagainya. Selain para asatidz tersebut, dalam beberapa kesempatan juga dihadirkan asatidz undangan seperti dari kalangan tokoh masyarakat dan cendikiawan Muslim.

Suasana pengajian di Majelis Ta'lim kaum ibu YAPINK

Selain aktifitas pengajian, MT-YAPINK juga menyelenggarakan forum silaturrahim arisan dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya, seperti santunan anak yatim dan janda tua, peringatan hari-hari besar Islam, kegiatan bakti sosial di lingkungan Tambun dan sekitarnya, dan lain sebagainya. Sayangnya, aktifitas majelis ta'lim belum dapat melebarkan sayap untuk merekrut jama'ah kaum bapak. Langkah tersebut sebenarnya sudah pernah ditempuh dengan pendirian Lembaga Dakwah YAPINK (LD-YAPINK) pada sekitar tahun 2005, namun karena adanya berbagai kendala, aktifitas LD-YAPINK terhenti hingga saat ini. Kesadaran untuk menuntut ilmu memang sangat dianjurkan sejak usia dini, dan proses penguatan eksistensinya harus terus dipupuk dan ditingkatkan hingga tutup usia, sebagaimana sabda Rasulullah saw, "Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat". Namun, tidak banyak dari kita yang dapat konsisten dengan misi tersebut. Semoga semangat para ibu dan partisipan MT-YAPINK akan membuahkan kasih sayang dan ridha dari Allah swt. Amin. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini17
Kemarin51
Minggu ini115
Bulan ini978
Total105767

Saat ini ada 11 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting