SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Ahad April 30, 2017
Beranda  //  Sosial KBIH YAPINK
02
Jun 2012
Print
Email

KBIH YAPINK

Ditulis oleh admin
Hits: 3782

logo_kbihMelaksanakan ibadah haji merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang dijadikan sebagai salah satu rukun Islam. Bagi orang-orang yang sudah baligh dan mampu (secara fisik, mental, spiritual dan finansial), dianjurkan untuk segera melaksanakannya, sebagai tindakan preventif jika suatu saat kondisinya berbalik. Tidak ada satupun manusia yang mengetahui hingga usia berapa ia diberikan kesempatan hidup oleh Allah swt., karena itu menunda-nunda pelaksanaan ibadah haji pada saat ia mampu berarti ia telah menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan oleh Allah swt.

Dalam berbagai Hadits, Rasulullah saw. banyak mengisyaratkan tentang keutamaan dan keuntungan yang besar akan diperoleh oleh orang yang berhaji. Seperti dalam sebuah Hadits, Rasulullah saw bersabda, “Haji yang mabrur, tidak ada balasan (yang setara) baginya kecuali syurga”. Selain itu, Rasulullah juga pernah menjelaskan bahwa seorang Muslim yang telah memiliki kemampuan untuk berhaji, namun ia tidak melaksanakannya, maka saat meninggal ia akan diberikan pilihan oleh Allah swt, apakah ia mati dalam keadaan Yahudi, Nasrani, atau Majusi (penyembah api). Na’udzu billah ..

jamaah 1

jamaah 2

Rombongan jamaah KBIH YAPINK 2011 di Laut Merah (atas) dan Masjid Tan'im (bawah)

Memperhatikan berbagai permintaan dan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan bimbingan yang memadai agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik, sesuai dengan syariat yang diajarkan oleh Rasulullah saw., maka YAPINK terpanggil untuk berkontribusi. Sebagai tindak lanjutnya, pada tahun 1997 dibentuklah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) YAPINK yang bertugas melaksanakan bimbingan dan pembelajaran bagi calon-calon jamaah haji, dan berhasil memberangkatkan sebanyak 28 orang jamaah di awal kiprahnya. Tahun berikutnya, KBIH YAPINK kembali memberangkatkan sebanyak 30 orang jamaah. Namun, pada tahun berikutnya terjadi krisis moneter nasional yang berimbas pada menurunnya jumlah jamaah haji yang sangat tajam, sehingga kiprah KBIH YAPINK terpaksa dihentikan.

Pada awal tahun 2005, semarak dukungan dari masyarakat agar YAPINK kembali dapat membuka KBIH. Setelah melalui berbagai musyawarah, akhirnya diadakan reorganisasi, dan YAPINK membentuk Lembaga Dakwah (LD-YAPINK) yang berfungsi sebagai salah satu sarana yang menjembatani antara YAPINK dengan masyarakat. Dengan rahmat Allah swt, pada tahun yang sama akhirnya KBIH YAPINK kembali dibuka secara resmi di bawah naungan LD-YAPINK, yang dikomandani oleh H. Fathurrahman Baidlowi, Lc. Dalam musyawarah khusus, diputuskan mengangkat Hj. Nurhaidah Abdillah sebagai pimpinan KBIH YAPINK, menggantikan Alm. KH. Drs. Moh. Dawam Anwar yang telah berpulang ke rahmatullah pada tahun 2003. Sambil mengatur strategi pembimbingan, izin operasional juga diurus. Alhamdulillah, terbitlah izin operasional dari Kanwil Depag Prop. Jawa Barat untuk KBIH YAPINK dengan SK No. Kw.10.3/3/Hj.09/7263/2005. Untuk awal pertama lagi KBIH YAPINK memberangkatkan sebanyak 10 orang jamaah pada tahun 2005.

jamaah 3

jamaah 4

Rombongan jamaah KBIH YAPINK di Masjidil Haram (atas) dan Padang Arafah (bawah)

Tahun-tahun berikutnya, jumlah jamaah yang berangkat bersama KBIH YAPINK semakin meningkat. Meskipun jumlahnya fluktuatif, namun sampai saat ini KBIH YAPINK telah memberangkatkan lebih dari 250 orang jamaah. Dengan semangat pengabdian, prinsip yang mengedepankan pelayanan terbaik kepada jamaah, KBIH YAPINK akan terus berjalan. Dengan dukungan dari para guru dan pembimbing yang berkualitas dan profesional serta pengalaman yang memadai, Insya Allah KBIH YAPINK akan menjadi salah satu KBIH yang patut diperhitungkan di masa-masa yang akan datang. Amin. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini33
Kemarin34
Minggu ini288
Bulan ini1288
Total97856

Saat ini ada 147 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting