SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Selasa September 23, 2014
Beranda  //  Pendidikan Jenjang Reguler RA/TK Al-Kasysyaf
02
Jun 2012
Print
Email

RA/TK Al-Kasysyaf

Ditulis oleh admin
Hits: 2397

Pendidikan agama harus dimulai sedini mungkin, agar menjadi dasar yang kuat dalam kehidupan. Usia belia adalah masa keemasan yang perlu dimanfaatkan sebaik mungkin, karena pada usia tersebut memori manusia masih sangat mudah merekam segala sesuatu. Karena itu, menanamkan norma agama pada anak usia belia sangat penting dilakukan, agar mereka dapat tumbuh besar dalam pribadi yang sholeh.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, YAPINK menyediakan sarana pendidikan dasar untuk anak-anak usia dini berupa Raudhatul Athfal (TK) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jenjang RA/TK diperuntukkan bagi anak usia 4-6 tahun, sedangkan MI untuk anak usia 7-12 tahun. Dalam dua jenjang ini, siswa diperkenalkan dengan dasar-dasar ilmu agama, membaca dan menulis bahasa Arab, bimbingan intensif untuk menumbuhkan jiwa kemandirian, dengan sederet materi-materi pelajaran baik agama, umum, dan keahlian yang kelak akan memiliki keterkaitan yang besar untuk kemudahan dalam melanjutkan pendidikan di tingkat menengah dan tingkat tinggi.

Dalam mendidik anak usia belia, dibutuhkan sistem pengajaran khusus agar mereka dapat menyerap materi dengan baik. Metode pendidikan yang diterapkan dalam jenjang pendidikan dasar di YAPINK diarahkan kepada proses 'belajar sambil bermain'. Hal ini dilakukan dalam rangka mengakomodir kebutuhan anak pada usia tersebut yang cenderung masih suka bermain. Namun, permainan diarahkan agar secara tidak langsung mereka terlibat dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, memungkinkan anak menyerap berbagai ilmu pengetahuan--khususnya yang berkaitan dengan materi agama--dalam nuansa keceriaan (fun), tidak terbebani, dan lebih cepat dicerna dan dikuasai.

 

Raudlatul Athfal/TK Islam Al-Kasysyaf

ra al-kasysyafRA/TK Islam Al-Kasysyaf didirikan pada tahun 1986. Sejak awal didirikan hingga sekarang, RA/TK Islam Al-Kasysyaf dipimpin oleh Hj. Nurhaidah Abdillah, puteri pertama pelopor pendiri YAPINK (Alm. H. Abdillah Mas'ud) dan istri pendiri YAPINK (Alm. Kyai Dawam). Dalam perjalanannya, RA/TK Islam Al-Kasysyaf telah banyak menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang memiliki prestasi membanggakan pada jenjang-jenjang pendidikan mereka selanjutnya.

Pola pendidikan yang diterapkan kepada siswa-siswi RA/TK Islam Al-Kasysyaf mengakomodir materi pendidikan usia dini yang direkomendasikan oleh Kementerian Agama RI. Selain itu, mereka juga dibekali dengan dasar-dasar pengetahuan agama yang kuat, penanaman jatidiri Muslim santun dan beretika, serta pelatihan intensif tentang tatacara pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan standar syari'at. Selain materi agama, siswa-siswi juga dibekali dengan materi pengetahuan umum, kecakapan perilaku, dan keterampilan sosial, sehingga tidak mengherankan jika alumni RA/TK Islam Al-Kasysyaf siap dan mampu bersaing untuk melanjutkan studi di sekolah-sekolah favorit. []

 

 

 

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini3
Kemarin42
Minggu ini45
Bulan ini1031
Total66504

Saat ini ada 2 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK