SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Ahad April 30, 2017
Beranda  //  Pendidikan Ekstra Kurikuler Keterampilan
02
Jun 2012
Print
Email

Keterampilan

Ditulis oleh admin
Hits: 2993

Berbagai macam bimbingan keterampilan dilaksanakan di YAPINK. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaring minat siswa-siswi sekaligus memberikan bekal keahlian khusus bagi mereka yang dapat digunakan ketika telah menyelesaikan pendidikan di YAPINK. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan santri tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, namun juga bidang-bidang keahlian lain, sehingga mereka siap memenuhi kebutuhan yang ada di tengah masyarakatnya masing-masing.

Pelaksanaan bimbingan keterampilan di YAPINK ada dua bentuk, pertama, difasilitasi oleh tenaga pengajar khusus; kedua, partisipasi dari para santri senior. Berbagai bimbingan keterampilan ini dapat diikuti oleh seluruh siswa baik yang tinggal di pondok maupun yang pulang-pergi. Berikut ini adalah beberapa macam keterampilan yang diajarkan di YAPINK.

 

Pencak Silat

pencak silatDahulu kala, "santri" identik dengan sosok yang tidak hanya menguasai ilmu agama, namun juga pandai bela diri. Karena itu, santri sangat disegani oleh masyarakatnya. Pandangan seperti ini sebenarnya sudah banyak bergeser pada zaman sekarang, karena usaha pembelaan diri cenderung lebih memanfaatkan perangkat-perangkat modern. Karena itu, tidak banyak lagi santri yang menekuni bidang ini. Padahal, pada prakteknya ilmu bela diri bukan hanya untuk melakukan perlawanan, namun juga untuk menjaga kesehatan diri dan nurani. Oleh sebab itu, YAPINK menyediakan kegiatan pencak silat yang difasilitasi oleh Ikatan Pencak Silat Pagarnusa yang merupakan bagian dari unsur bela diri Nahdlatul Ulama (NU). Dengan ini, santri akan tetap sehat, tangguh dalam berpikir dan mobilisasi, serta siap menghadapi segala rintangan.

 

Seni Islami

seni islamiKegiatan ini merupakan wadah penyegaran bagi santri setelah lelah belajar. Melantunkan nyanyian dan menggunakan suara indah anugerah Allah swt merupakan salah satu cara bersyukur atas ni'mat-Nya. Namun, alangkah baiknya jika nyanyian dan ajang olah vokal tersebut dikemas secara Islami, agar tidak menyalahi aturan-aturan agama, sekaligus bukan hanya melantunkan senandung, tetapi membawa pesan yang baik bagi pendengarnya. Karena itu, YAPINK menyediakan 3 macam kegiatan, yaitu pelatihan Marawis, Hadrah, dan Qasidah. Dua kegiatan pertama disediakan bagi santri putra dan putri, sedangkan kegiatan terakhir khusus untuk putri. Saat ini, YAPINK telah memiliki tim Marawis, Hadrah, dan Qasidah yang cukup baik, dan telah banyak berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

 

Drumband

drumbandPelatihan Drumband baru mulai diselenggarakan di YAPINK pada tahun 2008. Meskipun peralatan masih sangat terbatas, namun tidak mengurangi animo santri-santri untuk ikut berpartisipasi. Ketekunan mereka membuahkan hasil yang cukup memuaskan, karena tim drumband dapat dilibatkan dan berbagai event penting yang dilaksanakan di YAPINK. Saat ini pelatihan drumband baru terbatas bagi santri putri, sedangkan untuk putra masih diprogramkan ke depan.

 

Jurnalistik

jurnalistikSudah cukup lama pelatihan jurnalistik (kewartawanan) dilaksanakan di YAPINK. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan menulis yang baik di kalangan santri, agar dapat melahirkan penulis-penulis handal di masa mendatang. Penanggung jawab program ini adalah Mr. Otto dan Ms. Dewi, dua wartawan dari Harian Umum Pelita, yang tak kenal lelah memberikan sumbangsih ilmu dan pengalaman bagi anak-anak didiknya. Semoga segala sumbangsih dan pengorbanan akan beroleh ridha dari Allah swt, dan cita-cita yang diharapkan akan segera menjadi kenyataan. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini33
Kemarin34
Minggu ini288
Bulan ini1288
Total97856

Saat ini ada 152 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting