SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Rabu November 22, 2017
Beranda  //  Pendidikan Ekstra Kurikuler Edukasi
02
Jun 2012
Print
Email

Edukasi

Ditulis oleh admin
Hits: 3027

Selain menerapkan kegiatan pendidikan reguler, YAPINK juga melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler di luar jam pelajaran sekolah. Kegiatan ini diprioritaskan bagi para santri yang tinggal di asrama, namun dapat juga diikuti oleh siswa-siswi yang pulang-pergi. Berbagai bentuk kegiatan ekstra kurikuler diproyeksikan untuk memberi kemampuan lebih dan bekal yang memadai bagi siswa-siswi terhadap materi yang tidak terakomodir dalam jam sekolah, agar siap diterjunkan ke masyarakat dengan kemampuan yang dapat dibanggakan.

Bentuk kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler dibagi menjadi dua jenis, kegiatan yang berkaitan dengan dunia pendidikan (edukasi), dan kegiatan yang menumbuh-kembangkan kemampuan siswa (keterampilan). Dua jenis kegiatan tersebut dapat diikuti oleh seluruh santri dengan porsi tingkatannya masing-masing, yakni tingkat menengah (mutawassit) dan tingkat tinggi ('aly).

Di antara kegiatan ekstra kurikuler yang berkaitan dengan dunia pendidikan adalah sebagai berikut:

 

Tahsin Al-Qur'an

Tahsin Al-Qur'anKegiatan ini bertujuan untuk membangun generasi Qur'ani, mampu membaca Al-Qur'an dengan baik, fasih, dan lancar. Selain bimbingan membaca Al-Qur'an, santri juga dididik menguasai ilmu qira'at (seni membaca Al-Qur'an) dan pengenalan terhadap qira'at sab'ah. Program tahfiz (menghafal Al-Qur'an) juga disiapkan bagi santri yang berminat dengan dukungan dari para huffaz baik putra maupun putri. Materi Al-Qur'an telah lama menjadi standar utama kelulusan di YAPINK. Karena itu, pembinaan Al-Qur'an menjadi program unggulan yang terus diintensifkan.

 

Pembinaan Kemampuan Kitab Kuning dan Bahasa Arab

kitab kuningKegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan generasi yang mampu menelaah dan mendalami kitab kuning, sebagai salah satu sumber utama ilmu-ilmu Islam. Prinsip dasar pendidikan Islam di YAPINK mengarahkan anak didiknya untuk dapat memahami agama langsung dari sumbernya, agar menguasai sumber otentik dan terpercaya. Selain itu, kegiatan ini membantu para santri memperkuat kemampuannya dalam bidang bahasa Arab, memperkaya kosa-kata, memahami struktur dan gramatika bahasa Arab, dan menumbuhkan keberanian mereka dalam membaca kitab kuning. Pelaksanaan kegiatan ini dapat bersifat pengajian sorogan (santri belajar aktif), maupun pengajian bandongan (arahan guru lebih dominan). Materi kitab yang dipelajari berkaitan dengan ilmu hadits, ilmu fiqh, ilmu akhlak, ilmu nahwu-shorof, ilmu tauhid, dan lain sebagainya.

 

Bimbingan Dakwah

dakwahKegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi da'i-da'i yang handal dan mampu menjadi pionir kemajuan umat Islam masa depan. Dalam program ini, santri dibimbing menguasai tiga metode, yakni dakwah berbahasa Indonesia, Arab, dan Inggris. Selain bimbingan materi dan teknik, santri diarahkan untuk memiliki mental yang kokoh, keberanian yang kuat, serta kemampuan menyampaikan dakwah dengan fasih, profesional, dan bermanfaat.

 

Bimbingan Zikir dan Aktivitas Kemasyarakatan

zikirMulai tahun 2009, YAPINK membentuk Majelis Zikir YAPINK dengan program utama zikir akbar yang dilaksanakan pada malam Ahad untuk santri putri, dan malam Senin untuk santri putra. Kegiatan ini sebagai subsitusi kegiatan majelis zikir dan tausiah yang sebelumnya ditangani oleh Lembaga Dakwah YAPINK, dan sebagai wadah berkumpul mingguan para asatidz dan santri. Dalam kegiatan ini, santri dibimbing menguasai metode zikir khusus, variasi salawat, dan tausiah dari para asatidz. Selain bimbingan zikir, dilaksanakan bimbingan amaliyah yang berkaitan dengan aktivitas kemasyarakatan, seperti barzanji, yasinan, tahlil, istighatsah, dan lain sebagainya.

 

Tahsin Khat Araby

kaligrafiSalah satu program unggulan YAPINK adalah bimbingan Tahsin Khat Araby (metode menulis kaligrafi Arab). Melalui program ini, YAPINK telah banyak melahirkan bibit-bibit kaligrafer handal yang memiliki prestasi membanggakan hingga ke taraf nasional. Kesiapan SDM YAPINK dalam bidang kaligrafi Arab menumbuhkan kepercayaan besar dari berbagai instansi, hingga santri-santri YAPINK sering dipercaya untuk mewakili wilayah Bekasi dan Jawa Barat dalam event-event perlombaan regional maupun nasional. Materi pendidikan yang dilaksanakan meliputi pemantapan dalam bidang kaligrafi naskah, hiasan mushaf, dan dekorasi.

Kegiatan-kegiatan di atas hanya sebagian dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan di YAPINK. Seiring waktu, berbagai inovasi terus dilakukan guna menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemajuan zaman. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini17
Kemarin51
Minggu ini115
Bulan ini978
Total105767

Saat ini ada 76 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting