SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Selasa Februari 28, 2017
Beranda  //  Fasilitas Perpustakaan
02
Jun 2012
Print
Email

Perpustakaan

Ditulis oleh admin
Hits: 3338

Membaca adalah gerbang ilmu pengetahuan. Dengan banyak membaca, cakrawala keilmuan akan semakin luas dan semakin bijaksana dalam bertindak. Wajarlah jika wahyu pertama yang diturunkan Allah swt. kepada Nabi Muhammad saw. adalah perintah untuk membaca.

Aktifitas membaca dapat dibagi menjadi dua cara, yakni membaca teks-teks yang tersurat sebagaimana yang termaktub dalam buku dan referensi (ayat-ayat qauliyah), dan membaca teks-teks yang tersirat dalam seluruh jajaran alam semesta (ayat-ayat kauniyah). Cara pertama sangat mudah dilakukan, dengan berbekal penguasaan terhadap segala kebutuhan yang terkait dengannya, seperti menguasai bahasa, gramatika, dan karakteristik materi ilmunya. Sementara cara kedua hanya dapat dilaksanakan oleh orang-orang tertentu yang memiliki nurani yang bersih melalui perenungan sejati, dan peka terhadap ibrah (petunjuk) yang diciptakan oleh Allah swt. di alam semesta. Mereka disebut sebagai Uli al-Albab (golongan yang memiliki mata hati).

Untuk menjadi seorang Uli al-Albab, dibutuhkan proses yang tidak mudah. Salah satunya, melalui kematangan dalam segi ilmu pengetahuan, terutama ilmu agama. Karena itu, cara membaca pertama mutlak dibutuhkan untuk menempuhnya.

Berbekal tujuan mulia tersebut, YAPINK berupaya memfasilitasi santri-santrinya dengan menyediakan sarana perpustakaan. Berbagai jenis karangan dari beraneka ragam disiplin ilmu disiapkan untuk mengakomodir kebutuhan, mulai dari kitab-kitab salaf hingga ke buku-buku modern. Usaha untuk melengkapi koleksi masih dilaksanakan hingga sekarang.

 

Perpustakaan YAPINK 1

Perpustakaan YAPINK 2

Area Perpustakaan YAPINK

 

Berbagai koleksi yang ada di perpustakaan YAPINK diperoleh dengan beragam cara, baik melalui proses pembelian maupun wakaf buku dari individu dan berbagai institusi. Di antara pihak-pihak yang pernah memberikan sumbangsih koleksi ke perpustakaan YAPINK adalah Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Nasional, Penerbit Gema Insani Press dan lain sebagainya.

 

Perpustakaan YAPINK 3

Perpustakaan YAPINK 4

Aktifitas Membaca di Perpustakaan

 

Saat ini perpustakaan YAPINK telah selesai direnovasi. Corak ruangan yang baru akan terasa memanjakan mata dan memberi kenyamanan bagi para pengunjung. Fasilitas AC pun sudah disediakan, sehingga pengunjung dapat berlama-lama membaca dalam suasana yang sejuk. Tak ketinggalan, sistem otomasi perpustakaan sudah tersedia sehingga tidak perlu repot menelusuri rak-rak untuk mencari buku koleksi. Demi melengkapi kenyamanan pengunjung, saat ini sudah disediakan mesin fotokopi bagi yang berminat mengkopi buku dan referensi koleksi.

 

Ruang Fotokopi di Perpustakaan YAPINK

 

Pembenahan-pembenahan akan terus dilakukan, baik dalam segi pengelolaan, pelayanan, perlengkapan sarana prasarana, maupun upaya mengintegrasikan sistem perpustakaan modern. Dengan segala keterbatasan, segala upaya yang ditempuh masih belum optimal. Perpustakaan YAPINK masih membutuhkan uluran tangan dari para donatur, baik sumbangsih saran, ide-ide konstruktif, maupun dana operasional. Harapan kami, semoga di masa mendatang perpustakaan ini dapat menjadi salah satu perpustakaan yang patut diperhitungkan, dan dapat memberi manfaat yang besar bagi para santri dan masyarakat luas. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini19
Kemarin37
Minggu ini56
Bulan ini1197
Total94138

Saat ini ada 36 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting