SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Rabu November 22, 2017
Beranda  //  Fasilitas Laboratorium Komputer
02
Jun 2012
Print
Email

Laboratorium Komputer

Ditulis oleh admin
Hits: 4342

Tuntutan zaman dan kebutuhan untuk menggunakan perangkat pembelajaran berbasis multimedia dan teknologi menjadi sumber inspirasi pendirian Laboratorium Komputer di lingkungan Yayasan Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf. Misi dari adanya pendirian Laboratorium Komputer (LK-PINK) ini adalah untuk menyiapkan kader-kader penerus alim ulama yang memiliki skill dan potensi yang memadai agar siap berkiprah dalam kancah arus globalisasi dan transformasi dunia. Selain itu, kepedulian untuk memberikan arahan kepada para kader penerus agar pemanfaatan alat-alat teknologi tetap berada dalam norma-norma kepatutan dan tidak keluar dari tuntunan agama menjadi salah satu motivasi didirikannya LK-PINK. Melalui tenaga beberapa pihak yang ditunjuk dan dianggap memiliki cukup kemampuan untuk mendirikan LK-PINK dengan dukungan penuh dari Pimpinan YAPINK saat itu (Ustz. Hj. Nurhaidah Abdillah), maka berdirilah LK-PINK pada tahun 2004.

labkom putri 1

labkom putri 2

LK-PINK Putri

Pada awal pendiriannya, LK-PINK diamanahkan kepada H. Ahmad Kholid Dawam sebagai ketua pengelola dan dibantu oleh Minyatul Ummah, S.Pd.I, Drs. Ridwan Isma'il, Drs. Darma Kusuma, Hasanuddin Priadi, SS, dan beberapa rekan lainnya. Keterbatasan biaya yang ada tidak membuat patah semangat para tenaga pengelola, dan pada awal berdirinya LK-PINK berhasil menyediakan 8 unit pc (putra dan putri) yang siap digunakan untuk proses belajar-mengajar. Meskipun secara rasio jumlah tersebut jika dibandingkan dengan jumlah siswa yang ada memang masih sangat jauh dari "cukup", namun dengan pengaturan teknis yang baik, kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan dengan lancar. Selanjutnya, sedikit demi sedikit LK-PINK terus berusaha melengkapi segala kekurangan, agar kebutuhan belajar-mengajar dapat terakomodir.

Pada pertengahan tahun 2008, terjadi reformasi dalam struktur kepemimpinan di YAPINK. H. Ahmad Kholid Dawam diamanahkan untuk meneruskan perjuangan Ustz. Hj. Nurhaidah Abdillah. Hal ini berimbas pada reformasi struktur kepemimpinan LK-PINK yang selanjutnya pengelolaan diserahkan kepada Minyatul Ummah, S.Pd.I. Namun, kondisi prasarana komputer yang sudah beroperasi cukup lama menyebabkan aktifitas belajar-mengajar di LK-PINK tidak berjalan dengan baik.

labkom putra 1

labkom putra 2

LK-PINK Putra

Aspirasi untuk memperbaharui sarana-prasarana LK-PINK belum mampu dilakukan, dengan sabar para siswa tetap belajar menggunakan beberapa komputer yang semakin sering "rewel", tidak mampu lagi membendung invasi virus-virus perusak, satu demi satu perangkat komputer tidak lagi dapat digunakan. Kondisi kritis yang dialami oleh LK-PINK menjadi pemikiran serius bagi Dewan Pengurus YAPINK. Tekad yang kuat untuk melakukan revitalisasi peran LK-PINK memberikan motivasi bagi segenap pengurus untuk berusaha secara maksimal merealisasikan tujuan tersebut. Akhirnya, dengan izin Allah swt. pada pertengahan tahun 2010 YAPINK dapat menyuplai kebutuhan 40 unit pc bagi LK-PINK dengan mengaplikasikan teknologi thin-client. Berbagai permasalahan yang terjadi sebelumnya menginspirasi untuk mencoba menerapkan sistem opensource. Meski dukungan teknis dan kesiapan SDM belum memadai, LK-PINK tetap berupaya konsisten dengan sistem barunya. Saat ini pengelola LK-PINK masih terus melakukan pengembangan-pengembangan, sambil menunggu dukungan sistem yang lebih baik dan uluran tangan para profesional dalam bidang opensource agar problem stabilitas dan kompatibilitas sistem dapat segera teratasi. Semoga. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini17
Kemarin51
Minggu ini115
Bulan ini978
Total105767

Saat ini ada 46 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting