SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Ahad April 30, 2017
Beranda  //  Fasilitas Asrama
02
Jun 2012
Print
Email

Asrama

Ditulis oleh admin
Hits: 5860

Sejak awal berdiri, YAPINK telah menyiapkan sarana asrama (boarding) untuk menampung santri yang sedang melaksanakan studi. Awalnya, asrama YAPINK menjadi satu dengan rumah tempat tinggal kyai karena jumlah santrinya baru sedikit (baca: Profil YAPINK). Seiring waktu, jumlah santri yang belajar di YAPINK semakin banyak, karena itu dilaksanakan pembangunan asrama khusus yang representatif, memenuhi standar kenyamanan belajar, dan mampu menampung kebutuhan. Prinsip Kyai Dawam untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar terpisah antara santri putra dan putri sudah dimulai sejak awal pembangunan asrama ini. Santri putra dikonsentrasikan di utara jalan, dan santri putri di bagian selatan. Pemisah antara dua wilayah tersebut adalah jalan raya Propinsi Jawa Barat yang membentang di areal Desa Tambun.

asrama putra 1

asrama putra 2

Areal Asrama Putra

Pembangunan sarana asrama dan fasilitas belajar-mengajar yang terpisah ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Persiapan wilayah ekspansi dan biaya pembangunan yang dibutuhkan sangat besar. Dengan izin Allah swt, banyak pihak donatur dan komponen masyarakat yang memberikan uluran tangan untuk membantu terlaksananya cita-cita mulia tersebut. Bantuan yang mereka berikan ada yang bersifat wakaf tanah, infaq, shadaqah, maupun bantuan fisik dan materi lainnya, sehingga sedikit demi sedikit proyek pembangunan bisa direalisasikan. Selain itu, upaya pengumpulan dana dari pihak donatur lainnya terus dilakukan baik melalui proposal, sosialisasi kepada masyarakat sekitar, dan pengiriman proposal ke luar negeri. Alhasil, pada tahun 1978, YAPINK menerima bantuan dari Raja Kholid di Saudi Arabia sebesar Rp. 40.000.000,- disusul oleh Wazir Awqaf Kuwait mengirimkan bantuan sebesar Rp. 10.000.000,- selanjutnya diteruskan oleh pihak-pihak lain dan masyarakat. Kepedulian untuk membantu terciptanya sarana belajar para santri di YAPINK terus berlangsung hingga sekarang. Peran masyarakat, aparat pemerintah, wali-wali santri, para donatur, dan para alumni menjadi anugerah tersendiri bagi YAPINK yang patut disyukuri dan diimplementasikan dalam wujud nyata agar menjadi amal jariah dan investasi akhirat yang istimewa bagi pihak-pihak tersebut.

asrama putri 1

asrama putri 2

Areal Asrama Putri

Saat ini, dengan fasilitas asrama putra dan putri yang cukup memadai, YAPINK masih terus eksis berusaha mencetak generasi-generasi terbaik bagi bangsa, khususnya berkaitan dengan generasi agamis yang siap bertarung dalam kancah persaingan global. Mengingat usianya yang tidak muda lagi, banyak komponen fasilitas asrama dan sarana belajar yang perlu diremajakan. Upaya restorasi dan revitalisasi sarana terus dilakukan dan menjadi salah satu fokus utama dalam program kerja yang dilaksanakan oleh pengurus yayasan. Diperlukan partisipasi yang lebih besar dari berbagai kalangan untuk membantu terlaksananya program ini. Harapan dan cita-cita luhur ini tidak akan pernah surut, semata-mata untuk i'la`i kalimatillah (meninggikan panji-panji kebesaran Allah) di Desa Tambun khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Selain itu, motivasi untuk terus mengembangkan dan mengabadikan warisan keilmuan dan amal jariah Kyai Dawam dan para pendiri YAPINK lainnya senantiasa menjadi penggerak semangat yang tinggi bagi YAPINK untuk terus berbenah dan berkarya bagi masyarakat. Jika anda diberikan keluasan rezeki oleh Allah swt dan bisa membantu kemajuan YAPINK, why not? Segala bantuan yang anda berikan, insya Allah akan kami tasharruf-kan sebaik-baiknya. Semoga Allah swt selalu memberikan kemudahan dalam setiap langkah kami dan anda untuk menuju pada ridha-Nya. Amin. []

 

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini33
Kemarin34
Minggu ini288
Bulan ini1288
Total97856

Saat ini ada 133 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting