SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Rabu September 19, 2018
Beranda
06
Jun 2012

Articles

Print
Email

Waspadai Penipuan

Ditulis oleh admin
Hits: 11068

penipuanAkhir-akhir ini, banyak dari kalangan alumni yang melakukan konfirmasi ke YAPINK mengenai beberapa oknum yang mendatangi rumah-rumah alumni dan meminta sumbangan dengan mengatasnamakan YAPINK. Modusnya, mereka meminta sumbangan dengan dalih untuk membantu pembangunan YAPINK, atau untuk mendukung acara-acara tertentu di YAPINK. Di antara oknum tersebut ada juga yang tercatat sebagai alumni YAPINK, atau orang-orang yang dikenal dekat oleh targetnya. Informasi terakhir yang kami peroleh, dana yang mereka minta seolah akan disumbangkan untuk acara peringatan Haul ke-9 Alm. Kyai Dawam, juga untuk keperluan acara Harlah YAPINK ke-43 yang baru saja selesai digelar.

Atas nama YAPINK, kami merasa prihatin dengan tindakan oknum-oknum tersebut, yang secara tidak langsung telah mencederai nama baik YAPINK, terlebih nama keluarga Alm. Kyai Dawam Anwar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami berharap para alumni dapat lebih berhati-hati, dan lebih selektif dalam menerima pihak-pihak yang meminta sumbangan. Untuk itu, mohon memperhatikan hal-hal berikut jika kebetulan mereka mendatangi rumah rekan-rekan sekalian.

  1. Acara Peringatan Haul Kyai Dawam yang dilaksanakan setiap tahun di YAPINK merupakan acara yang digelar oleh keluarga Almarhum, dan didukung oleh kalangan internal YAPINK. YAPINK TIDAK PERNAH mengirim utusan untuk mengumpulkan dana sumbangan terkait acara tersebut ke rumah-rumah alumni. Kalaupun ada alumni yang menyumbang, sifatnya personal dan langsung berhubungan dengan keluarga Almarhum. 
  2. Untuk acara hari-hari besar Islam yang rutin dilaksanakan di YAPINK (Maulid Nabi, Isra' Mi'raj, dan lain-lain) YAPINK juga TIDAK PERNAH mengirim utusan ke rumah-rumah alumni untuk meminta sumbangan. 
  3. Untuk acara Harlah YAPINK yang dilaksanakan tiap 2 tahun sekali, YAPINK memang mengirim utusan ke rumah-rumah alumni untuk berkontribusi. Namun demikian, mohon diverifikasi hal-hal sebagai berikut:
    1. Utusan berstatus sebagai pelajar/mahasiswa yang masih aktif di YAPINK, atau
    2. Utusan berstatus sebagai alumni yang direkrut sebagai panitia atau sub-panitia (tercantum dalam proposal)
    3. Dilengkapi dengan surat permohonan dana dan proposal resmi yang ditandatangani dan distempel asli
    4. Utusan siswa/mahasiswa dilengkapi dengan kartu pelajar IPPINK/kartu mahasiswa INISA
    5. Jika yang datang tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka yang bersangkutan bukanlah utusan resmi dari YAPINK; jika yang bersangkutan mengaku sebagai sub dari kepanitiaan, mohon dikonfirmasi terlebih dahulu kepada panitia, pihak yang mengutus (dalam kepanitiaan), atau ke YAPINK.
  4. YAPINK BELUM PERNAH mengirimkan utusan ke rumah-rumah alumni untuk mencari sumbangan untuk keperluan pembangunan. Permohonan sumbangan untuk hal tersebut hanya digulirkan pada waktu pelaksanaan acara-acara besar di YAPINK. Selain itu, jika ada pihak-pihak yang berminat untuk berdonasi, dapat langsung menghubungi penanggung jawab perbendaharaan (pengurus inti yayasan), atau pengelola perbendaharaan (bagian tata usaha keuangan), tanpa perantara.

Sebagai saran, jika ada yang datang meminta sumbangan atas nama YAPINK mohon melaksanakan sikap kehati-hatian sebagai berikut:

  1. Pastikan identitas dari utusan yang datang dengan menanyakan kartu identitas (KTP, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa).
  2. Tanyakan surat permohonan (surat pengantar) dan proposal resmi.
  3. Jika berstatus sebagai alumni, mohon dicocokkan dengan stuktur kepanitiaan yang dilampirkan dalam proposal.
  4. Bila perlu, konfirmasi via telepon ke panitia atau ke YAPINK.
  5. Jika yang bersangkutan tidak dapat divalidasi identitasnya, disarankan alumni TIDAK memberikan sumbangan melalui yang bersangkutan, dan segera laporkan ke YAPINK melalui kontak telepon, situs YAPINK, atau e-mail.

Demikian informasi ini kami sampaikan, agar menjadi perhatian bagi segenap alumni YAPINK yang dirahmati Allah swt. Meskipun bershadaqah adalah hak masing-masing, namun sangat disayangkan jika hal tersebut tidak tepat sasaran, apalagi jika hanya dijadikan untuk mencari keuntungan pribadi oleh oknum-oknum tertentu yang bukan menjadi tanggung jawab YAPINK. Mohon informasi ini disebarkan kepada rekan-rekan lainnya.

Terima kasih atas perhatian dan kepedulian anda terhadap kemajuan YAPINK. Semoga segala amal jariah yang telah diberikan selama ini diterima oleh Allah swt, dan menjadi tambahan pahala dan kebaikan di sisi Allah swt. Amin. []

Tulis Komentar

Perkataan mencerminkan kepribadian. Pikirkan baik-baik kata-kata anda sebelum memberikan komentar.


Security code
Refresh

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini6
Kemarin37
Minggu ini68
Bulan ini453
Total113849

Saat ini ada 49 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting