SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Selasa Juli 17, 2018
Beranda
06
Jun 2012

Articles

Print
Email

Membaca Adalah Hak

Ditulis oleh Ahmad Syafi'i
Hits: 6588

membacaMembaca pada dasarnya termasuk aktivitas mental.  Kondisi psikologis anak sangat menentukan untuk berkomunikasi dengan bacaan. Beberapa faktor psikologis anak saat melakukan kegiatan membaca antara lain:

  1. Bilamana anak membaca karena ingin dipuji,maka cara membacanya juga menjadi berubah-ubah sejalan dengan perubahan warna pujian yang diharapkan.
  2. Bilamana anak merasa tertekan karena dipaksa membaca, kegiatan membacanya akan terkontaminasi oleh jiwa yang tertekan itu.
  3. Bilamana anak membaca karena harus menjawab tes di sekolah, cara membacanya juga terkontaminasi dengan jiwanya yang serba gelisah kalau buku yang dibacanya tidak sesuai dengan soal yang akan keluar.
  4. Bilamana anak membaca karena ingin menambah pengetahuan, maka cara membacanya sejernih niat dan pola pikirnya terhadap membaca.

Pekerjaan untuk orang tua adalah:

Bagaimana caranya mengarahkan agar anak-anak kita membaca hanya dengan keinginan mendapatkan pengetahuan. Orang tua harus melakukan pendekatan secara religius, merubah cara pandang anak tentang kegiatan membaca yaitu harus dapat diyakini bahwa banyak membaca dapat membantu dalam menghadapi berbagai kondisi, di antaranya memudahkan untuk menjawab tes di sekolah.

Kita harus dapat merubah cara pandang anak terhadap kegiatan membaca. Selama ini banyak yang memandang membaca sebagai suatu kewajiban, cara pandang ini lahir sebagai akibat pengaruh dari dunia pendidikan formal atau dari guru-guru di sekolah mereka. Dalam rangka mendidik anak, guru tidak jarang memerintahkan anak agar membaca. Setiap anak yang malas membaca tidak jarang pula mendapatkan hukuman fisik maupun non fisik (kejadian ini pernah saya alami sewaktu menuntut ilmu di bangku SD).

Begitu seringnya proses ini berlangsung semenjak anak menuntut ilmu dari bangku SD sampai SMA dan begitu lamanya proses ini berlangsung, sehingga anak memandang bahwa membaca sebagai sebuah kewajiban yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Rubahlah cara pandang membaca seperti ini karena selain tidak baik, anak akan berpikir kalau tidak dilakukan, maka anak akan merasa bersalah. Membaca adalah hak, anak harus mengambil dan memilikinya. Keinginan yang tidak sedikit bilamana hak itu tidak diambil atau digunakan.

 

Membaca Setiap Hari adalah Hak Anak dan Hak Setiap Orang


Membaca adalah Rahmat

Membaca adalah rahmat yang tidak lain merupakan pengakuan terhadap Allah Sang Maha Pemberi Rahmat, karena kita memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam membaca. Bila seseorang tidak diajarkan oleh orang tuanya untuk dapat membaca dan tidak pula dimasukkan ke sekolah formal/informal, hampir dapat dipastikan orang ini menjadi orang yang buta aksara. Maknanya rahmat membaca bukanlah seperti rahmat hujan yang jatuh dari dari langit, bukan juga seperti rahmat cahaya yang dipancarkan oleh matahari.

Rahmat membaca diperoleh dari Allah swt. dengan susah payah, susah payah orang tua, guru, serta keuletan dan ketabahan diri anak itu sendiri adalah cara mensyukuri rahmat Allah swt. yang telah memberikan penglihatan mata pada kita semua untuk menambah pengetahuan dengan cara membaca. Malas membaca berarti tidak mensyukuri nikmat mata yang diberikan Allah swt. kepada kita. Malas membaca bermakna juga mengingkari ni'mat-Nya.


Membaca adalah Ibadah

Membaca dalam pengertian untuk mendapatkan info positif yang tidak merusak moral merupakan ibadah. Secara leksikal, ibadah di antaranya bermakna semua perbuatan untuk menyatakan bakti kepada Allah swt. yang didasari oleh ketaatan terhadap perintah-Nya. 

Pengamatan 2 perilaku anak dalam hal membaca:

  1. Anak yang tergolong santai dalam sekolah dan membaca buku, mereka memandang buku sebagai sesuatu yang membosankan, hal yang selalu menghantui pikiran mereka adalah nilai.
  2. Anak yang serius sekolah dan membaca buku, mereka memandang nilai adalah bukan faktor utama, yang terpenting buat mereka adalah memperoleh pengetahuan dan selalu mengisi waktu luang dengan aktivitas membaca buku.

Anak yang tergolong santai dan malas membaca buku, tidak memandang membaca sebagai ekspresi diri berbakti kepada Allah yang Maha Kuasa. Alhasil, hanya ijazah yang menjadi tujuan mereka sekolah. Sedangkan anak yang tergolong rajin, melakukan kegiatan belajar dengan membaca buku didasari pada keinginan yang luhur, yang nilai ibadahnya tinggi. Apabila dilakukan dengan cara sungguh-sungguh dan dengan niat karena Allah swt yang Maha Pemberi Ilmu dengan kecintaan, anak ini akan berhasil dalam meraih cita-citanya dengan cara membaca buku dan mempunyai wawasan yang luas.

 

Membaca adalah Amanah

Membaca harus dipandang sebagai amanah. Bagaimana bila tidak melaksanakan amanah? Secara sosial, amanah untuk melakukan aktivitas membaca datang dari pendidik/guru termasuk orang tua di Rumah. Sejak dulu para pendidik/guru selalu menyerukan agar murid-murid rajin dan disiplin dalam hal membaca buku. Secara implisit, guru menyebutkan buku pegangan atau referensi untuk mata pelajaran yang diasuhnya. Artinya, guru mengamanahkan agar anak didiknya rajin membaca buku.

 


Bahan Renungan untuk Para Orang Tua

  1. Mendidik anak menjadi pembaca sukses merupakan hak anak dari orang tua. Artinya, orang tua memiliki kewajiban untuk mendidik anak supaya anak sukses di kemudian hari. Dalam dunia pendidikan, secara normatif kesuksesan anak dapat dilihat dari faktor sukses-tidaknya anak menjadi pembaca. Pembaca sukses berpeluang besar untuk memperoleh pengetahuan dari banyak sumber tertulis.
  2. Orang tua harus memiliki kemauan yang relatif besar untuk menjadi pendidik guna membimbing anak-anaknya menjadi pembaca sukses. Berhasil-tidaknya seorang anak menjadi pembaca sukses tergantung pada kemauan orang tuanya. Dalam kondisi ini, anak berfungsi sebagai objek. Semoga bermanfaat. []

Tulis Komentar

Perkataan mencerminkan kepribadian. Pikirkan baik-baik kata-kata anda sebelum memberikan komentar.


Security code
Refresh

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini17
Kemarin31
Minggu ini48
Bulan ini356
Total112530

Saat ini ada 49 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting