SELAMAT DATANG DI PESANTREN KAMI

YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

TAMBUN SELATAN - BEKASI

Selasa Juli 25, 2017
Beranda  //  Blog  //  Dinamis  //  Reportase Acara Haul Ke-10 Alm. Kyai Dawam

keuntunganJika anda bertanya, apa keuntungan belajar di YAPINK? Keuntungan yang akan anda peroleh akan sangat bervariasi, dapat berupa keuntungan finansial, efektifitas, dan kualitas. Beberapa keuntungan yang dapat anda jadikan bahan pertimbangan antara lain: Selanjutnya..

kitab kuningSemakin banyak sekolah-sekolah Islam yang meninggalkan kitab kuning. Hal itu dapat berarti semakin jauh umat Islam dari sumber ilmunya yang otentik. Belum lagi berbagai citra negatif yang dilontarkan tentang kitab kuning, semakin mengikis minat umat untuk mempelajarinya. Selanjutnya..

karakteristikSebagai salah satu perguruan Islam tertua di Bekasi, YAPINK memiliki kekhasan dan karakteristik khusus yang membedakannya dengan lembaga lain. Kekhasan tersebut telah digariskan sejak awal oleh para pendirinya, dan terus dipertahankan hingga kini. Selanjutnya..

KH. Manarul HidayatSiang hari Ahad, 27 Januari 2013, cuaca di daerah Tambun dan sekitarnya terlihat sangat mendung. Bahkan, gerimis ringan mulai turun saat jam menunjukkan pukul 11:30. Suasana menjadi sejuk, namun kegelisahan mulai muncul. Apakah gerimis ini akan mengundang hujan lebat di sore atau malam nanti? Padahal malam ini adalah waktu pelaksanaan acara peringatan Haul ke-10 Almarhum Almaghfurlah KH. Drs. Moh. Dawam Anwar, tokoh sentral dan pencetus berdirinya Yayasan Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf (YAPINK). Namun, sikap optimis tetap terlihat dari kesibukan panitia pelaksana yang terus semangat mempersiapkan kelengkapan acara malam nanti. Doa juga dipanjatkan oleh para santri dan dewan guru, agar acara yang akan digelar tidak mendapat halangan berarti.

Tenda telah dipersiapkan sejak kemarin. Sound system telah terpasang dengan baik. Bangku-bangku mulai berdatangan, dan sedikit demi sedikit mulai tertata. Bagian kebersihan dan akomodasi hilir-mudik menyiapkan area acara untuk memberi kenyamanan bagi tamu-tamu yang akan hadir. Seluruh panitia dengan tugasnya masing-masing bergerak mengecek kesiapan akhir berbagai sarana yang dibutuhkan nanti malam. Semua bahu-membahu dalam suasana ceria, menyambut acara istimewa yang menjadi agenda tahunan YAPINK.

Dengan izin Allah swt, hujan tidak jadi turun. Suasana udara yang segar terus mengiringi kedatangan tamu-tamu yang akan bergabung dalam majelis mulia ini. Semakin banyak tamu yang hadir. Semakin padat tempat pelaksanaan acara. Maka tepat pukul 20:30 WIB acara dimulai.

Ust. Drs. Moh. Arifin selaku pembawa acara naik ke atas mimbar dan membuka acara. Lantunan merdu ayat suci Al-Qur'an yang dibaca oleh Ust. Ibnu Hayat (guru qira'at Al-Qur'an Pondok Putra YAPINK) menjadi acara perdana dalam rangkaian acara malam ini. Disusul kemudian dengan pembacaan Surat Yasin yang dipimpin oleh Ust. Saifulloh Hasan, SS. Msi, menantu Almarhum, suami Ustz. Minyatul Ummah. Selanjutnya pembacaan untaian zikir, tahlil, dan tahmid yang dipimpin oleh KH. Mahdi Yunus menambah khidmat acara haul malam ini.

Selepas itu, acara dilanjutkan dengan sambutan atas nama keluarga besar Almarhum, disampaikan oleh H. Ahmad Kholid Dawam, Lc. M.Hum. Beliau adalah putera Almarhum sekaligus Pimpinan YAPINK. Dalam sambutannya, beliau mengutarakan bahwa wafatnya ulama adalah salah satu tanda akhir zaman. Semakin banyak ulama-ulama sepuh telah dipanggil oleh Allah swt, karena itu umat Islam harus waspada. Perlu dipersiapkan generasi-generasi penerus ulama yang memiliki kompetensi, salah satunya adalah dengan memaksimalkan peran pondok pesantren. Beliau juga menghimbau agar segenap masyarakat ikut berkontribusi menjaga amanah YAPINK, agar tetap eksis dan konsisten hingga akhir zaman, sebagai satu-satunya warisan intelektual Almarhum Kyai Dawam.

Sebelum mendengarkan taushiyah, acara diselingi dengan lantunan shalawat dan puji-pujian kepada Rasulullah saw. Tim hadrah santri putra YAPINK dipersiapkan untuk mengisi acara tersebut. Lantunan shawalat yang merdu, dan derap pukulan hadrah yang membahana menambah semarak acara malam ini.

Tibalah saatnya untuk mendengarkan taushiyah. Ceramah agama pertama disampaikan oleh KH. Drs. Munir Abbas, selaku rekan almarhum dan Ketua PCNU Kabupaten Bekasi. Dalam ceramahnya, beliau menegaskan pentingnya peran ulama dalam memberi pencerahan kepada umat. Beliau juga menceritakan berbagai kenangan tentang sepak terjang perjuangan Alm. Kyai Dawam dan konsistensi da'wahnya dalam mendidik umat Islam Indonesia--khususnya di Kabupaten Bekasi--dan ketegarannya dalam membentengi Faham Ahlussunnah Wal Jama'ah. Karena itu, beliau berpesan agar penerus-penerusnya dan para santrinya senantiasa berusaha untuk konsisten melanjutkan kiprah perjuangan Almarhum.

Acara kembali diselingi dengan lantunan shawalat hadrah. Kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama yang kedua, disampaikan oleh KH. Dr. Manarul Hidayat. Berbagai wejangan yang sarat dengan ilmu dan pengalaman beliau sampaikan dalam ceramah tersebut, diselingi dengan canda-canda yang inspiratif khas para tokoh-tokoh NU. Selain mengupas pengalaman-pengalaman unik yang pernah beliau alami bersama Alm. Kyai Dawam, beliau juga menguraikan pentingnya peran dan eksistensi ulama di kalangan masyarakat. Mengutip perkataan Imam Hasan al-Bashri:

لولا العلماء لكان الناس كالبهائم

 "Seandainya tidak ada ulama, maka manusia akan seperti binatang"

Dengan demikian, sepeninggal Alm. Kyai Dawam, harus tumbuh kembali ulama-ulama penerusnya yang gigih membebaskan masyarakat dari kebodohan, terutama kebodohan dalam masalah agama. Selain itu, beliau juga mengajak segenap masyarakat untuk memberikan perhatian lebih terhadap pesantren, karena santri merupakan cikal-bakal ulama masa depan. Pendidikan moral yang dilaksanakan oleh pesantren sejak lama terbukti berhasil menelurkan generasi-generasi yang mapan secara akhlak maupun ilmu pengetahuan. "Karena itu, tidak pernah kita dengar ada pesantren yang tawuran, bahkan tidak ada santri yang ikut-ikutan menikmati barang haram sejenis narkoba", tutur beliau. Namun, beliau juga menyayangkan sikap pemerintah yang masih sering memandang sebelah mata terhadap pesantren.

Setelah KH. Dr. Manarul Hidayat mengakhiri ceramahnya, maka acara diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh KH. Fathurrahman Baidlowi, Lc. M.Mpd. Secara resmi acara ditutup ketika jam menunjukkan pukul 00:30 WIB. Meskipun lelah, namun hadirin terlihat tetap antusias mengikuti acara hingga akhir. Belum dapat diprediksi, berapa jumlah jama'ah yang hadir malam itu. Namun, seluruh areal yang dipersiapkan terlihat sesak, mulai dari pelataran halaman rumah pengasuh hingga ke lantai 2 gedung SMP YAPINK Putri. Bahkan, banyak jama'ah yang hadir tidak mendapat tempat duduk--karena terlalu padat--hingga memenuhi tepi jalan sekitar area acara.

Segenap panitia menghaturkan rasa syukur yang tak terhingga kepada Allah swt. atas kemudahan dan kesuksesan acara haul yang digelar malam itu. Semua berharap, semoga seluruh rangkaian acara tersebut dapat membangkitkan inspirasi, mengokohkan ilmu pengetahuan, dan membawa manfaat bagi segenap jama'ah yang hadir. Demikian pula ayat-ayat suci Al-Qur'an dan rangkaian doa yang dibaca secara berjamaah semoga diterima oleh Allah swt, pahalanya dialirkan kepada Alm. Kyai Dawam beserta segenap guru-guru yang telah berpulang ke rahmatullah, dan kebaikannya akan menyebar untuk para almarhumin dan almarhumat juga bagi yang membacanya. Amin ya Rabbal 'Alamin.

Terima kasih kepada seluruh jama'ah yang hadir, semoga Allah swt. selalu memberi kesehatan dan kemudahan untuk bertemu kembali dalam acara yang sama di tahun mendatang. Amin. []

Comments   

 
0 #1 Bujang 2013-07-04 15:51
Semoga Yapink tetap dapat menjadi benteng umat islam yang konsisten dan mampu Menghadapi tuntutan zaman.
Quote
 

Tulis Komentar

Perkataan mencerminkan kepribadian. Pikirkan baik-baik kata-kata anda sebelum memberikan komentar.


Security code
Refresh

Indonesian Arabic Dutch English French German Japanese

Login Anggota

Statistik Kunjungan

Hari ini16
Kemarin34
Minggu ini50
Bulan ini921
Total101086

Saat ini ada 43 tamu dan 0 anggota online

VCNT

Khazanah YAPINK

Arsip Posting